Kamis, 27 September 2012

Obat Diare Secara Tradisional 14 July 2012









Cara Membuat Obat Diare Secara Tradisional

14 July 2012
Diare adalah penyakit yang kerap diderita oleh banyak orang. Penyakit ini ditandai dengan adanya feses yang tidak padat. Feses tersebut biasanya encer dan keluar secara terus-menerus dalam sehari.
Penyakit Diare seringnya diikuti dengan mules dan terkadang juga diikuti dengan muntah. Berikut adalah cara mengatasi penyakit diare.

Selain obat yang dijual di apotik, diare dapat diobati dengan obat yang dibuat secara tradisional. Banyak orang pun tahu bahwa obat tradisional lebih baik digunakan untuk penyakit yang masih tergolong ringan.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat obat tradisional pun bisa didapat dengan mudah disekitar rumah.

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat obat diare secara tradisional.

• Bahan pertama yang biasa digunakan untuk membuat obat diare adalah daun jambu biji. Jumlah daun yang dibutuhkan untuk membuat obat diare adalah 10 lembar.
Daun yang dipetik haruslah daun ke 4 dari pucuk daun dan tentu saja daun yang bersih dan sehat.

• Bahan kedua yang dibutuhkan adalah kunyit. Kunyit memang sudah terkenal sebagai obat tradisional yang sangat membantu menyembuhkan banyak penyakit.
Untuk penyakit diare ini, kunyit yang dibutuhkan adalah kunyit kering dengan berat sekitar 11 gram atau sebesar telur ayam.

• Bahan selanjutnya yang ditambahkan dalam ramuan obat tradisional ini adalah lempuyang emprit. Lempuyang yang dibutuhkan adalah yang beratnya kurang lebih 9 gram jika kering atau sebesar 1 jari tangan jika tidak kering.

Jika semua bahan sudah tersedia sesuai dengan jumlahnya, bahan tersebut dapat segera diramu menjadi obat yang mujarab untuk penyakit diare yang sedang diderita.
Berikut adalah cara membuat obat tradisonal tersebut.

•     Cuci semua bahan obat yang sudah disiapkan dengan bersih.
•     Iris tipis-tipis semua bahan obat.
•     Rebus bahan obat yang sudah diiris tipis dengan 4 gelas air.
•     Sisakan air rebusan sebanyak 3 gelas.
•     Saring dan dinginkan.

Obat diare yang dibuat secara tradisonal sudah dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Aturan yang dipakai untuk meminum obat tradisional ini harus diikuti dengan baik agar penyakit diare segera sembuh.
Obat ini hanya cocok untuk dewasa dan anak-anak yang sudah berusia 1 tahun ke atas.
Untuk orang dewasa, dosis yang dipakai adalah 4 kali sehari dengan jumlah dosis masing-masing setengah gelas sekali minum.

Untuk anak dengan usia 9-12 tahun, dosisnya adalah 4 kali sehari dengan dosis seperempat gelas sekali minum. Anak usia 6-8 tahun, 4 kali sehari masing-masing 5 sendok makan.
Usia 4-5 tahun 4 kali sehari dengan dosis masing-masing satu setengah sendok makan. Dan usia 1-3 tahun diminum 4 kali sehari sebanyak masing-masing 1 sendok makan. Semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar